cara lain memonetize video youtube

Pernah kah sobat mengalami seperti admin yang tidak dapat memonetize video di Youtube karena kena klaim pihak ketiga?. Duh......., Bagaimana ini, Saluran Youtube pun telah memiliki pelanggan di atas 10rb. Sakit-nya tuh disini... Penghasilan tambahan pun melayang entah kemana rimbanya. Sobat, kini janganlah terlalu risau jika keadaan sobat seperti ini. Admin ingin berbagi tips cara lain memonetize saluran youtube sobat selain berafiliasi dengan Adsense.

Tepatnya hari Senin, 15 Desember 2014 kemarin admin mendapatkan undangan dari filmstudios.tv salah satu sebuah MCNs. Awalnya admin hanya baca sekilas tanpa memahami maksud tujuan sebenarnya dari undangan tersebut, maklum orang awam karena bahasanya orang sono (jauh = inggris). Seperti biasa, mind set dalam benak admin kala itu, semua perlu dicoba apa pun itu hasilnya dan yang lebih parah yang dicoba tersebut tidak diketahui sama sekali.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya ada pemberitahuan saluran youtube anda memenuhi kriteria privacy kami (recstudios.tv). Salah satu syarat yang disebutkan kala itu tidak mengandung materi ber-hak cipta dan memiliki viewer beberapa ratus per harinya sedangkan dari hasil pengecekan oleh mereka saluran admin memiliki beberapa ribu viewer per hari sehingga cukuplah memenuhi kriteria tersebut.

Apa itu MCNs? dapat sobat baca lebih mendetail di sini: Multi-channel networks (MCNs). Nah, kali ini admin akan menjelaskan berdasarkan pengetahuan yang admin tangkep. MCNs merupakan afiliasi antara Youtube dengan pihak ketiga atau sebuah jaringan. dengan kerja sama tersebut Youtube akan lepas tanggung jawab apabila ada youtuber/uploader mendapatkan klaim hak cipta. Sehingga yang berurusan dengan hukum adalah si pemilik MCNs tersebut. Sedangkan keuntungan bagi empu MCNs adalah mendapatkan persentase sebesar 30% dari pendapatan youtuber/uploader.

Alurnya Youtube Adsense membayar bagi hasil ke pemilik MCNs (bayaran ini adalah pendapatan langsung uploader apabila tidak bergabung dengan MCNs), selanjutnya pihak MCNs akan membayar ke youtuber/uploader dengan persentase 30% untuk MCNs dan 70% untuk uploader. Pemilihan pembayaran dari MCNs pun cukup bervariasi dapat melalui paypal, western union atau melalui bank. Tentu pilihan admin adalah melalui paypal karena minimum payout-nya hanya 1$.

Keuntungannya bagi uploader adalah, apabila banyak video yang tidak dapat di monetize di youtube dapat kita monetize melalui MCNs. Seperti terlihat pada gambar di atas. Perhatikan yang ditandai oleh lingkaran BIRU apa bila pada video yang sobat upload ditandai seperti diatas masih ada harapan untuk di monetize dengan MCNs. Namun, untuk yang tandai lingkaran MERAH atua kena klaim "konten pihak ketiga yang cocok" seperti gambar di atas, maka tidak ada harapan lagi untuk di monetize.

Ini adalah sebuah terobosan Youtube untuk membuat para uploader tetap semangat. Dan ini adalah cuci tangan yang cukup bersih bagi Youtube, karena dalam kontrak pihak youtube sudah lepas tanggung jawab terhadap segala isi konten video. Sekali lagi jempol buat youtube.

Ini hanyalah pandangan pribadi admin, dan mohon maaf apabila ada kesalahan dan kurang tepat dalam penulisan sehingga sulit dipahami oleh netter. Sekian dan terima kasih sobat 7-trickblog. Semoga bermanfaat.

Dan, bagi sobat yang memutuskan untuk bergabung dengan jaringan ini silahkan langsung cekidot di recstudios.tv. 

Post a Comment

  1. kalo tidak ada tanda serunya gimana mas??

    ReplyDelete
  2. Do you need free YouTube Subscribers?
    Did you know you can get these AUTOMATICALLY & ABSOLUTELY FREE by getting an account on Add Me Fast?

    ReplyDelete
  3. Want to join additional affiliate networks?
    Visit our affiliate directory to look at the ultimate list of affiliate programs.

    ReplyDelete

 
Top