Bermacam-macam jenis virus telah bermunculan di dunia maya, mulai dari yang hanya menimbulkan rasa panik atau membuat file kita rusak bahkan ada yang sampai fatal membuat laptop mati. Memang demikianlah kejahatan di dunia maya karena kebebasan yang tiada batas. Kali ini admin ingin berbagi cerita tentang teman yang merasa kehilangan datanya yang terdapat di flashdisk (flashdisk terkesan kosong padahal file tersebut masih tersimpan dan hanya di hidden oleh virus).

Bagi orang awam hal ini tentu sangat merepotkan dan membuat panik pemiliknya. Ada beberapa trick yang dapat sobat coba. Berikut adalah beberapa cara yang admin bagikan.

CARA PERTAMA, Dengan menggunakan perintah Attrib

[1] Colokkan Flashdisk milik sobat ke kompi dan perhatikan di DRIVE apa Flashdisk sobat terdeteksi di kompi sobat. Misalkan di drive "F".

[2] Klik "Start" =>> "All Programs" ==>> "Accessoris" =>> kemudian jalankan "Command Prompt" atau dengan cara yang lebih cepat yaitu dengan klik "Start" kemudian ketik "cmd" tanpa tanda petik lalu "enter". Selanjutnya akan muncul layar "Command Prompt" akan terlihat seperti di bawah ini.


[3] Untuk masuk ke directori Flashdisk milik sobat, ketikkan "f:" (tanpa tanda petik) kemudian Enter, Selanjutnya teruskan dengan memberikan perintah :

-s -h /s /d *.*  ==>> dengan jarak "1 (satu) spasi"


[4] Langkah Terakhir, tekan "Enter". Dan lihat hasilnya, folder dan file yang tersembunyi dapat ditemukan kembali.

Cara Menampilkan File yang disembunyikan Virus Shortcut di drive "d" atau flashdisk

[a] Buka "Command Prompt" seperti langkah diatas.

[b] Adapun cara menampilkan file hidden yang disembunyikan virus shortcut tersebut adalah sebagai berikut:

#1 Buka command prompt (cmd) anda dengan menekan shortcut keyboard (Win + R) atau melalui Start –> Run ketik cmd, atau pilih menu Start –> All Program –> Accessories –> Command Prompt, seperti gambar berikut:

cara membuka cmd

Maka command prompt akan terbuka seperti gambar berikut:

Membuka Comman Prompt
 
#2 Setelah Command Prompt terbuka, dari cmd change directori dimana hardisk atau flashdik tersebut berada, dalam gambar berikut file atau folder hidden yang akan diperbaiki berada pada drive d.
Maka pertama saya akan mengubah direktori yang ada di cmd ke direktori D dengan mengetikkan cd\ dan tekan enter, dan ketikkan d: maka command prompt akan megarahkan ke direktori d
Setelah cmd berada di direktori d ketikkan perintah seperti berikut attrib -s -h *.* /S /D dan tekan enter.
memunculkan file hidden yang disembunyikan virus shortcut


Keterangan dari perintah tersebut adalah sebagai berikut:
-s : berfungsi untuk menghilangkan attrib tipe sistem file.
-h : Untuk menghilangkan attrib tipe hidden file.
* .* : Semua file/folder yang terdapat di Harddish atau Flashdisk anda.
/s : Untuk memproses seluruh folder dan sub folder dan,
/d : Memproses folder.
Setelah proses selesai dan file sudah bisa ditampilkan, jangan lupa untuk menghapus semua file application virus yang berekstensi .exe

Post a Comment

  1. If you are interested in earning money from your websites or blogs via popunder advertisments, you can try one of the biggest networks: Clickadu.

    ReplyDelete

 
Top