Mail Merge, metode pengiriman surat elektronik (email) secara massal dengan isi email yang dapat berbeda untuk setiap penerima email. Mail merge biasanya dilakukan di Ms. Word dan sumber datanya dari Ms. Excel, namun kali ini admin tidak membahas menggunakan 2 aplikasi tersebut. Dikarenakan, email yang dikirimkan melalui mail merge dari kedua aplikasi tersebut tidak kunjung masuk/diterima oleh akun penerima. Jika sobat blogger ingin mempelajari cara mail merge dengan Ms.Word dan Ms.Excel tutorial banyak bertebaran di postingan para blogger.

Kali ini admin ingin berbagi pengalaman mail merge dengan aplikasi thunderbird versi 45.8.0 buatan mozilla. Persyaratan yang harus sobat sediakan sebelum memulai mail merge:

  1. Instal aplikasi thunderbird versi 45.8.0 atau download thunderbird terbaru di https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/ (Update : untuk versi 45 ke atas, harus menginstal addons "Mail Merge" di thunderbird anda, karena tidak disediakan langsung seperti versi yang lama, cara instal cukup mudah, klik menu di pojok kanan "Display the Thunderbird Menu", ==>> klik "Addons/Pengaya" ==>> ketik di search "Mail Merge" akan muncul banyak pilihan, pilihlah yang dikembangkan oleh Alexander Bergmann)
  2. Daftar penerima email pada Ms.Excel, extensi file akhirnya .csv [CSV (comma delimited)(*.csv)], file contoh : download database_reuni_smapalawa.csv

Langkah Pertama, Jalankan aplikasi thunderbird, ➔ "File/Berkas" ➔ "New/Baru" ➔ "Massage/Pesan"

Langkah Kedua, isikan alamat email yang dituju dengan format "{{Email}}", sesuaikan dengan judul kolom email di excel. seperti gambar berikut
mail merge email

Langkah Ketiga, atur nomor surat yang dituju dengan format "{{Serial}}" disesuikan dengan judul kolom yang di Excel (optional, bisa dihilangkan), begitu juga dengan nama yang dituju "{{Nama}}", seperti contoh berikut dan dapat ditambahkan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
mail merge hitungan menit

Langkah Keempat, pilih "File/Berkas" ➔ "Mail Merge", selanjutnya akan muncul layar pop up, browsing file database_reuni_smapalawa.csv milik anda. setting "File delimiter", dll disesuaikan dengan pemisah yang digunakan pada file database_reuni_smapalawa.csv anda, untuk melihat pemisah antar kata pada file *.csv bukalah file database_reuni_smapalawa.csv dengan aplikasi notepad.

setting file scv

Langkah Kelima, klik OK. File akan terkirim otomatis dalam hitungan menit. Selesai
Update, untuk option "batch" sepertinya belum maksimal, contoh list nama-nama yang tersimpan ada 100, sedangkan kita hanya ingin mengirim beberapa saja, hasilnya hanya nomor terakhir saja yang terkirim. (itulah kekurangannya saat ini)

Terima kasih untuk para sobat yang telah berkunjung ke blog 7-trick

Post a Comment

 
Top