Suatu ketika diminta bantuan menjadi panitia event, biasalah diminta urus ini itu. Di akhir waktu, diminta mencetak tanda pengenal panitia/nametag yang telah dibuat di slide power point. Untuk convert dari power point ke image terbilang cukup mudah, ada pilihan *.png dan *.jpg. Nah, disini saya terlihat kecewa, hasil convert image terlihat sangat mengecewakan, hasilnya gambarnya pecah.

Dari pengalaman itu, selanjutnya jangan gunakan power point untuk membuat nametag. Namun permasalahan dengan power point kembali muncul ketika diminta bantuan menjadi seksi sibuk di acara KulWap, ya tepat sekali Kuliah Whatsapp. Kulwap yang saat ini lumayan ngetren dikalangan penyelenggara seminar. Slideshow power point tentunya harus diconvert ke image sebelum dishare di group Kulwap, masalahnya sama dengan sebelumnya yaitu kualitas image hasil convert terlihat pecah.

Setelah googling ternyata pihak pengembang Power Point pun telah menyediakan tutorial meningkatkan hasil convert image tersebut. Berikut ini saya coba bantu share.

Ternyata settingan bawaan di power point adalah 90 dpi, gimana mau hasil bagus convert image nya???
Inilah yang harus kita ubah menjadi 300 atau 307 dpi.

Langkah Pertama, Tutup atau Keluar terlebih dahulu dari semua program yang berbasis Windows

Langkah Kedua, Jalakan aplikasi "Run.exe", dengan cara klik tombol  + R pada keyboard.

Langkah Ketiga, pada kolom "Open" ketikan ➔ "regedit" kemudian klik "OK", kemudian akan muncul layar Pop up, pilih "YES"

regedit

Langkah Keempat, masuk ke direktori registry sesuai dengan office yang digunakan

PowerPoint 2003
➔ HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\11.0\PowerPoint\Options

PowerPoint 2007
➔ HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\12.0\PowerPoint\Options

PowerPoint 2010
➔ HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14.0\PowerPoint\Options

PowerPoint 2013
➔ HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0\PowerPoint\Options

PowerPoint 2016
 HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\PowerPoint\Options

Langkah Kelima, Klik Folder "Options". Buat nilai baru, "Edit➔New➔Dword" dengan nama "ExportBitmapResolution" lalu "Enter"

dword


Langkah Keenam, beri nilai pada "ExportBitmapResolution" yang baru saja Anda buat. Pastikan "ExportBitmapResolution" dipilih, kemudian klik kanan, pilih "Modify", isikan pada "Value data:" dengan nilai 300 (atau 307 yang merupakan batas maksimal, tidak boleh lebih dari 307). Selanjutnya klik "OK".

nilai dword export_bitmap_resolution


Selesai.

Tentunya sobat semua sudah bisa ya, untuk menyimpan nya menjadi gambar. Contoh di Powerpoint 2007, pilih "Save As  Other Formats  Save as type (sesuaikan dengan keinginan, jpg atau png)"

Terima Kasih telah berkunjung di blog kami
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top