Beberapa waktu yang lalu admin pernah disibukkan dengan munculnya iklan dnsunlocker, kemunculan iklan tersebut terlihat pada hasil pencarian google, dan iklan pop up, belum cukup sampai disitu malware dnsunlocker ini mampu mengijeksi laman portal berita seperti detik, republika pada komputer kita, selayaknya iklan resmi yang dipasang oleh portal berita tersebut.

Kemunculannya pada kasus pertama, setelah googling kesana kemari. Akhirnya mampu diatasi dengan hanya menghapus aplikasi tersebut pada "control panel" dan mengubah beberapa settingan pada browser yang dicurigai. Sampai disini malware tersebut sudah hilang, indikasinya iklan sudah tidak muncul lagi. Aman jaya seperti sediakala.

Hari berganti hari, Minggu berganti Minggu, Bulan berganti bulan. Maksudnya setelah beberapa bulan kemudian, Kasus kedua pun muncul, malware dnsunlocker menginfeksi komputer lagi. Pada kasus ini admin dibuat bingung beberapa hari, karena dengan mengikuti banyak instruksi dari tulisan-tulisan sobat blogger (hampir semua instruksi dilakukan, mulai dari setting properties dns internet sampai mencari secara manual di registry editor), namun tetap belum juga membuahkan hasil.

Karena googling dengan kata kunci bahasa indonesia masih belum membuahkan hasil. Akhirnya dipilihlah dengan menggunakan kata kunci bahasa asing, ya betul, pencarian dengan kata kunci bahasa inggris. Namun, masih belum menemukan cara yang jitu untuk menghilangkan/menghapus malware dnsunlocker. Sampailah ketemu pada postingan yang menyarankan menggunakan aplikasi.

Sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi yang dicoba, namun masih tetap sama hasilnya nihil. Admin pikir ini malware sudah mendarah daging kalau diibaratkan manusia.Dan memang benar saja, dnsunlocker ini bersemayam di registry dengan kamuflase yang cukup rapi. Aplikasi yang cukup tangguh untuk mencari jejaknya serta menghapusnya adalah spyhunter 4.



Spyhunter 4 merupakan aplikasi berbayar, jadi kalau hanya pake versi trialnya, hanya mampu mendeteksinya. Sedangkan untuk membersihkan dnsunlocker sebaiknya guna versi full version nya. Silahkan sobat googling aja, ada beberapa sobat blogger yang memberikan link download full versionnya. Semoga berhasil.
(bila sobat kesulitan menemukan yang full versionnya, silahkan tinggalkan komentar beserta emailnya, ya)

Post a Comment

  1. Have used Kaspersky protection for a few years, I'd recommend this product to all you.

    ReplyDelete

 
Top