Sobat pernah mencoba menginstal windows 7 pada laptop asus tipe X200MA atau F200MA atau R202MA namun gagal terus, kali ini admin coba berbagi trik untuk menginstal windows 7 pada laptop asus. Ini pun sempat kejadian pada laptop teman ane yang baru beli laptop asus x200ma, yang sebelumnya telah diinstal windows 8. Sobat admin ini ingin menganti jadi windows 7 karena banyak aplikasi yang belum support untuk win 8. Karena belum tahu, instal pun dijalankan seperti biasa (kalian mungkin sudah pada paham lah cara instal) namun muncul bluescreen yang menyatakan "bios" tidak support. Akhirnya gagal lagi.

Searching sana sini tetap tidak membuahkan hasil, maklum bisanya hanya searching tanpa ada pengalaman IT, istilahnya newbie lah. Secara tidak sengaja kemaren mendapat bisikan dari seorang IT penjaga toko di Mangga Dua. Begini loh kalau mau instal win 7. Ooohh..., baru nyadar ane. Begitu doank. Ckckckckkk...... Berasa orang paling Oon dah. Penasaran juga?

asus x200ma

Cara Instal Windows 7 di laptop Asus X200MA atau sejenisnya.

Pertama, masuk bios dahulu. Yang masih awam saat turn on (menyalakan laptop) atau sehabis restart tekan tombol "F2", tunggu beberapa detik maka kompie akan langsung masuk bios.

Kedua, pilih tab "Boot" kemudian lihat ke bawah, perhatikan dan lalu pilih "OS Selection" kemudian "enter" maka akan muncul 2 option pada layar,

1. Windows 8.x
2. Windows 7

Ketiga, pilihlah "Windows 7" kemudian enter.

Keempat, Save. Caranya tekan tombol "F10", selanjutnya muncul di layar tab "Save & Exit Setup" yang berisi konfirmasi apakah anda akan menyimpan perubahan yang telah sobat lakukan, "Save Configuration and Exit?"

Kelima, pilihlah "Yes"

Nah, dengan melakukan langkah seperti itu, sobat telah sukses melakukan setting bios pada asus x200ma dan sejenisnya sehingga dapat diinstal windows 7. Lakukan penginstalan windows seperti biasanya, dijamin berhasil tanpa peringatan error lagi.

UPDATE
Bagi sobat yang masih menggunakan bios versi 306 harus mengupdate bios yang terbaru yaitu versi 502 (diupdate pada 29 september 2014) atau yang lebih terbaru 504 (update 19 Desember 2014).

Langkah-langkah update bios asus x200ma

1. Download bios asus x200ma versi 504 : download bios x200ma 504

2. Setelah selesai di download, kemudian di ekstrak dengan compress tool

3. Copy file hasil ekstrak ke dalam flashdisk

4. Colokkan flashdisk ke laptop kemudian restart dan masuk ke bios (tekan F2 setelah menekan tombol power).

5. Di menu bios pilih Tab "Advanced" kemudian pilih "Start Easy Flash" tekan enter.
Catatan : COLOKKAN KABEL CHARGER LAPTOP ANDA, Untuk menghindari gagal update bios yang menyebabkan system gagal total dan mati.

update bios asus x200ma

6. Selanjutnya akan masuk ke menu "ASUSTek Easy Flash Utility", kemudian gunakan tombol arah (atas, bawah, kiri, kanan) untuk mencari file bios yang terdapat pada kotak sebelah kanan kemudian tekan "Enter".

update bios x200ma

7. Tunggu proses update sampai selesai.

Semoga pengalaman admin ini bisa membantu sobat apabila mengalami kendala yang sama.

Post a Comment

 
Top